-->
Kawan Blog - Ridwan Firdaus
Kawan Blog - Ridwan Firdaus Hi perkenalkan saya Ridwan Firdaus Pemilik sekaligus penulis situs blog ini. Saya berasal dari Tasikmalaya. Mempunyai jenis kepribadian Introvert, namun merasa AMBIVERT. Senang menulis dibanding berbicara.

Cara Melaporkan Pencurian artikel (copy-paste) Maupun AGC

Cara Melaporkan Pencurian artikel (copy-paste) Maupun AGC
Hari ini saya melaporkan pencurian artikel yang dilakukan oleh situs web https://www.purelita.com/ terhadap blog saya ini. Setelah ditelusuri dengan whoishostingthis.com ternyata dia beli hosting dari Rumah Web dimana saya menjadi pelanggannya juga. Lalu saya laporkan situs plagiat tersebut dengan cara yang tak biasa. Kalo biasanya melaporkan ke google DCMA, kalo saya dengan cara yang lain lagi, yaitu melaporkannya ke penyedia domain atau hosting.

Saran bagi penulis/blogger yang kontennya dicuri 

Mungkin teman-teman sesama blogger agak sebal terhadap artikel blog maupun web yang dicuri ataupun dicopas. Untuk itu saya mempunyai cara sendiri untuk melaporkan artikel yang dikopas.

Cari dimana ia membeli hosting

Jika pencuri artikel menggunakan TLD, carilah dimana ia membeli hosting dengan  mengunjungi situs whoishostingthis.com


Laporkan ke penyedia hosting

Setelah ditemukan penyedia hostingnya, segeralah laporkan ke penyedia hosting terkait. Dalam kasus ini pencuri artikel menggunakan jasa RumahWeb maka sayapun melaporkannya ke Rumah Web dengan menggunakan fitur open ticket


Baca juga :5 Situs penyedia gambar gratis untuk Konten Anda

Adapun laporan yang saya kirim sebagai berikut

Hi Kolega saya Rumah Web. Apakabarnya? Semoga baik-baik saja. Terutama kawan yang membaca pesan ini.

Beberapa hari ini saya sedang merasa Kesal karena blog saya dicuri kontennya dengan AGC. Itu membuat pengunjung blog saya menurun. Salah satu situs yang melakukan pencurian dengan AGC adalah situs https://www.purelita.com/​ situs tersebut melakukan pencurian dengan AGC.​ Adapun blog saya adalah https://ridous.blogspot.com/​

Saya harap Rumah Web sebagai penyedia Hosting yang menjadi Favorit saya dan juga penyedia layanan hosting bagi https://www.purelita.com/​ melakukan pencabutan layanan untuk sementara bagi https://www.purelita.com/​ karena telah jelas melakukan pencurian konten.​

Beberapa hari yang lalu saya mendengar kabar bahwa Rumah Web mengalami masalah, itu tersebar di Medsos. Bukan hanya facebook tapi di Linkedin juga sempat ada yang membahas kejadian tersebut. Dari beberapa komentar yang saya baca, banyak yang menyarankan untuk segera hijrah dari Rumah Web ke penyedia hosting yang lain. Ya memang beberapa berniat untuk berhijrah. Saya harap dari kejadian gangguan tersebut Rumah Web membayar kekecewaan dengan memberantas dan memerangi segala bentuk Pencurian Konten seperti yang dicatat pada Acceptable Use Policy (AUP) yang dikeluarkan Tanggal 4 Februari tahun 2011 pada point 3 yang berbunyi :​
"Pelanggan dilarang untuk memuat isi website yang bersifat dan atau berhubungan dengan:​ Materi yang mengandung unsur hak cipta tanpa seizin pemiliknya"

​​Saya harap Rumah web benar-benar menegakan peraturan tersebut dengan menghentikan layanan bagi situs yang dimaksud. Semoga AUP diatas menjadikan dasar untuk menghentikan sementara layanan pada situs yang dimaksud. Buktikan AUP sebagai peraturan yang memang dibuat dengan serius bukan hanya sekedar tulisan saja.​


Terimakasih, ​

Tasikmalaya, 12 Januari 2019​
Pelangganmu​

​Ridwan Firdaus



Cara Melaporkan Pencurian artikel (copy-paste) Maupun AGC


Baca juga : Cara mudah memasang iklan adsense di bawah postingan blog

Penyedia Hosting Melarang Pencurian Artikel

Perlu diketahui bahwa penyedia layanan hosting melarang segala bentuk pencurian artikel. Biasanya ditulis pada Pripacy and Policy mereka. Jika pelanggannya melanggar maka akan ada sanksi terhadap pelanggaran. Untuk rumah Web Aturan dan Sanksi ditulis pada laman Acceptable Use Policy (AUP). Apa itu AUP?


Ini adalah tulisan yang dipublikasikan agar teman-teman yang dicuri artikelnya terutama dengan AGC melaporkan juga ke penyedia hosting. Siapa tahu penyedia hosting benar-benar serius dalam membuat aturan, bukan hanaya sekedar tulisan saja. Terimakasih


UPDATE Tanggal 16 Januari 2018
Cara Melaporkan Pencurian artikel (copy-paste) Maupun AGC
Alhamdulillah Rumah Web sebagai penyedia hosting bagi situs www.purlita.com telah mencabut/menonaktifkan layanan pada situs terkait. Terimakasih Rumah Web yang telah menolak segala bentuk plagiatisme/pencurian. Semoga dengan ini Rumah Web tetap menjadi layanan hosting yang menjadi favorit di Indonesia

Kawan Blog - Ridwan Firdaus
Kawan Blog - Ridwan Firdaus   Hi perkenalkan saya Ridwan Firdaus Pemilik sekaligus penulis situs blog ini. Saya berasal dari Tasikmalaya. Mempunyai jenis kepribadian Introvert, namun merasa AMBIVERT. Senang menulis dibanding berbicara.

16 komentar

  1. Makasih infonya mas, baru tau cara bikin jera para kopipaster artikel....

    1. Iya nih biar jangan macam2

    2. terimakasih mas adipraa sebelumnya telah berkunjung ke blog saya yang sederhana ini

  2. Nyebelin sih kalo berurusan sama situs-situs AGC. Mereka mungkin gak merasakan susahnya bikin artikel. Pernah melaporkan beberapa kali pembajakan artikel macam gini, langsung saya laporin ke Google buat di take-down. Cuma untuk pelaporan ke penyedia hosting, saya belum pernah melakukannya.

    1. Iya sejauh ini yang saya tahu belum ada pelaporan plagiatisme artikel ke penyedia hosting. Namun mengingat di Rumah Web ada AUP sebagaimana diatas, saya mencoba saja melaporkannya.

    2. terimakasih Bang Doel sebelumnya telah berkunjung ke blog saya yang sederhana ini

  3. Saya juga pernah mengalami hal tersebut pak ... artikel blog saya di copy dan yang ngopy ranking di google lebih baik dari saya... Alhasil karena saya tidak tahu menahu tentang Cara melaporkan maka beberapa artikel saya ada yang tak edit ulang atau juga bahkan saya hapus....

    Terimakasih untuk artikelnya pak salam blogger
    .... Saya menemukan blog bpk dari halaman Facebook

    1. Untuk melakukan laporan artikel kopas, bisa di coba artikel ini
      http://strukturkode.blogspot.com/2015/02/cara-melaporkan-pencurian-artikel-copy-paste.html

      namun sayang saya salah memasukan data sehingga yang dilaporkan situs saya bukan org lain

  4. Wah penting banget nih,,,langsung ane bookmark kalau ada yg berani copas artikel ane tinggal ikuti langkah" di atas

    muhammadiqbalbasri.blogspot.com

    1. terimakasih, patut dicoba dan situsnya telah dimatikan sama pihak Rumah Web

  5. Terimakasih sekaliiiii! Informsinya sangat bermanfaat karena sudah dua teman narablog yang mengalami ini :(

    1. kalo TLD bisa di laporin ke pihak domain. Terbukti domainnya disuspend. Kalo masih menggunakan blog bisa dilihat tutorialnya di Cara melaporkan blog kopas ke google DMCA

  6. Wah thanks infonya... Kalimat pelaporannya juga sangat bagus, suka.

    1. terimakasih kunjungannya dan semoga bermanfat artikelnya

  7. wah mantap mas, terima kasih, tolong bikin tutorial buat laporin yang masih blogger dan wordpress juga

    1. untuk wordpress belum tahu bang. terimakasih sebelumnya ats interaksinya

Pengikut